Event Image

Sukseskan Bulan K3 Nasional, Prodi S1 K3 Unigres berikan Sejumlah Beasiswa

C:\Users\4CER\Downloads\WhatsApp Image 2024-07-10 at 11.19.41.jpeg

Dalam rangka membentuk mahasiswa yang berprestasi dan memberikan pengalaman dibidang nya, sejumlah mahasiswa Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik (Unigres) mengikuti Bulan K3 Nasional yang diselenggarakan oleh Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (DK3P) Jawa Timur,kegiatan tersebut berlangsung di Taman Bungkul, Surabaya pada minggu (28/1/2024).

Delegasi mahasiswa K3 Universitas Gresik yang dipimpin oleh Eska Distia Permatasari Ketua Program Studi K3 tersebut mengikuti rangkaian kegiatan diantaranya sosialisasi, senam, kampanye Kesehatan dan seminar.

Sosialisai yang diberikan kepada Masyarakat terkait dengan K3 yang bertujuan untuk mengingatkan potensi bahaya ketika dalam menjalankan pekerjaan umum.

“Mahasiswa K3 Universitas Gresik kami ajak mensukseskan Bulan K3 Nasional di Taman Bungkul dengan mengikuti serangkaian kegiatan untuk sosialisasi pentingnya K3, untuk menambah soft skill mahasiswa dengan mengikuti kegiatan tersebut,agar mahasiswa mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan bagus dalam Masyarakat” Ujar Eska.

Tentang Prodi K3 Unigres, Eska menjelaskan Prodi tersebut Mengusung keunggulan dibidang manufaktur dan transportasi, Prodi K3 Unigres siap mencetak ahli K3 yang memiliki kemampuan sebagai safety engineer yang mampu mengidentifikasi faktor-faktor bahaya dalam pekerjaan (occupational health hazards) serta merancang berbagai metode penanganan K3, sebagai safety officer yang mampu memberikan edukasi kesehatan dan keselamatan kerja kepada tenaga kerja, dan sebagai sefety inspector yang mampu memberikan pembinaan dan pelatihan K3.

Lebih lanjut Ketua Program Studi K3 tersebut menyampaikan Prodi K3 Unigres merupakan prodi yang mempelajari tentang identifikasi faktor dan potensi bahaya di tempat kerja serta cara pengelolaannya agar tenaga kerja dapat sehat dan selamat, bekerja secara efektif dan efisien.

Di Jawa Timur prodi ini merupakan prodi yang masih langka, mengingat prodi ini merupakan prodi yang relative masih baru. Dasar pertimbangan pendirian Prodi  K3 adalah untuk memenuhi dan menjawab kebutuhan dunia kerja khususnya di daerah Gresik yang semakin tinggi sektor industrinya, baik industri formal maupun informal. Kekhususan prodi K3 di Universitas Gresik adalah di bidang manufaktur dan kemaritiman.

Sementara, Anggun Novitria Ramadan Mahasiswa K3 Unigres yang mengikuti kegiatan tersebut merasa bangga dan mempunyai kesempatan dapat langsung berperan dalam kegiatan nasional dan berkumpul dengan berbagai elemen.
Masyarakat dibidang K3.

“Saya bangga dan bersyukur diberikan kesempatan kampus Universitas Gresik untuk mengikuti kegiatan K3 Nasional ini, dengan kegiatan mengikuti kegiatan ini, saya dapat berinteraksi dan komunikasi langsung dengan Masyarakat” Kata Anggun panggilan akrab mahasiswa semester 2 Prodi K3 tersebut.

Sebagaimana diketahui, dibawah kepemimpinan dr Riski Dwi Prameswari, M.Kes sebagai Rektor Universitas Gresik, pada tahun 2022 telah membuka Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan Program Sarjana, pendirian tersebut sebagaimana SK Mendikbudristek No. 793/E/O/2022, sebagai terobosan baru dan inovasi dalam pemenuhan kebutuhan tenaga K3 di Kabupaten Gresik dan Jawa Timur.

“Bismillah, Universitas Gresik dalam memenuhi kebutuhan Masyarakat Gresik dan Jawa Timur dalam Program Sarjana tahun ini telah membuka Prodi K3, pembukaan prodi K3 ini sangat urgent dalam memenuhi kebutuhan dunia keselamatan dan kesehatan kerja dalam dunia industry, apalagi di Gresik adalah Kota Industri ditambah ditetapkan Proyek Strategis Nasional JIIPE, sehingga dengan pembukaan prodi K3 dapat memberikan sumbangsih untuk Pembangunan Gresik dan Indonesia”Ujar dokter Riski.

Dalam kesempatan lain, Rektor Universitas Gresik tersebut menjelaskan tentang peluang kerja bagi lulusan S1 K3 nanti banyak dibutuhkan di semua sektor bisnis, industry, jasa, pertambangan dan pemerintahan, mengingat budaya K3 menjadi kewajiban bagi perusahaan ataupun lingkungan kerja lainnya untuk menjamin hak pekerja/karyawan atas keselamatan dan kesehatan dilingkungan kerja.

Dalam Bulan K3 Nasional tahun 2024 dokter Riski panggilan akrab Rektor Universitas Gresik mengajak lulusan SLTA untuk memanfaatkan beberapa program beasiswa di Universitas Gresik khususnya prodi K3, calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran baik secara online ke pmb.unigres.ac.id atau mendaftar langsung di kampus Universitas Gresik di jalan Arif Rahman Hakim no 2b, atau bisa menghubungi aplikasi whatshap 082111881918.

Ketika ditanya awak media, tentang sejumlah program beasiswa tersebut, Rektor Universitas Gresik tersebut menjelaskan

“ada banyak program beasiswa diantaranya beasiswa potongan DPP, beasiswa Yayasan, BASNAS dan jenis beasiswa lainnya, monggo langsung ke panita PMD” Ujar nya.


Artikel ini dapat dilihat di:

https://www.linkjatim.com/sukseskan-bulan-k3-nasional-prodi-s1-k3-unigres-berikan-sejumlah-beasiswa/