Event Image

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat: Sosialisasi Higiene Sanitasi pada Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Arief Rahman Hakim Gresik.

Higiene sanitasi merupakan upaya yang dilakukan untuk mengendalikan faktor makanan, orang, tempat serta perlengkapan yang digunakan dimana dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan. Higiene dan sanitasi makanan pada PKL merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan masyarakat yang ditimbulkan akibat adanya kontaminasi makanan.
Sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi, Program Studi S1 K3 Universitas Gresik menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Higiene Sanitasi pada PKL yang berjualan di Jalan Arief Rahman Hakim Gresik, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada bulan Juni 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan PKL tentang higiene dan sanitasi makanan. Materi yang disampaikan meliputi personal hygiene dan prinsip higiene dan sanitasi makanan mulai dari pemilihan bahan makanan yang baik, penyimpanan dan pengolahan makanan serta penyajian makanan. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara door to door dan media penyampaian materi yang digunakan dalam kegiatan ini berupa leaflet yang dibagikan pada masing-masing PKL setelah materi disampaikan dengan harapan leaflet tersebut dapat dibaca kembali oleh PKL.
Selain pemberian materi tentang higiene dan sanitasi makanan, terdapat juga kegiatan evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan para pedagang kaki lima tentang personal hygiene dan sanitasi makanan. Evaluasi kegiatan dilakukan menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan terkait pengetahuan tentang personal hygiene dan sanitasi makanan serta lembar observasi yang berisi tentang tindakan hygiene dan sanitasi makanan untuk menggambarkan tindakan hygiene dan sanitasi makanan yang selama ini dilakukan oleh para PKL.

Dokumentasi Kegiatan Penyampaian Materi Sosialisasi Higiene Sanitasi pada PKL